Awal semester adalah masa yang indah saat kuliah. Masa di mana kuliah masih ngebahas kontrak kuliah, kuliah praktikum belum dimulai, dan masih banyak waktu luang. Tapi masa indah itu berakhir saat Diko menyatakan cintanya ke tembok

Ralat

Tapi masa indah itu berkahir saat Dosen berkata "Ada tugas buat kalian"   -jeng jeng

Kata Edi, kuliah dan tugas itu ibarat beli semangkok bakso. Saat beli semangkok bakso, kamu akan dapat sepaket bakso dengan kuahnya. Dan saat kamu kuliah, kamu akan dapat sepaket kuliah dan tugas-tugas di dalamnya.

Ada 2 macam tugas yaitu tugas individu dan tugas kelompok. Tugas individu ini umumnya simpel, yaitu hanya ngebahas 1 permasalahan sederhana yang bisa di ambil dari suatu jurnal lalu dikumpulkan pada kuliah berikutnya. Tugas kelompok umumnya lebih ribet. Konten tugas kelompok lebih kompleks, ditambah harus presentasi kelompok dan dilengkapi dengan anggota kelompok yang jangkrik.

Ribetnya tugas kelompok dimulai dari memilih anggota kelompok. Pada fase ini selalu ada konflik antara mahasiswa yang ingin kelompok ditunjuk oleh dosen dan mahasiswa yang ingin membentuk kelompok secara bebas. Menurut Diko, kelompok yang ditunjuk dan membentuk sendiri itu ada plus minusnya. Kelompok yang ditunjuk dosen akan membuat mahasiswa semakin akrab dengan teman-temannya tetapi mereka belum tentu memiliki skill yang saling melengkapi dalam mengerjakan tugas. Dan kelompok yang membentuk sendiri, mereka sudah lebih tahu skill anggota dalam kelompok, tapi lebih mirip seperti tagline iklan "Apapun tugasnya, Diko, Fredo, Edi, dan Rahmat lah anggotanya"

Kelompok Bersama Jangkrik


Begitu berpengaruhnya nilai tugas kelompok dalam nilai suatu mata kuliah, membuat si kelompok bersemangat untuk mengerjakan tugas. Selesai membentuk kelompok, mereka langsung membagi tugas sesuai skill masing-masing

     Edi "Fredo bikin cover dan latar belakang"

     Edi "Rahmat bikin metodologi"

     Edi "Diko ngerjain pembahasan"

     Fredo "Trus tugas elo apaan Ed?"

     Edi "Tugas gue adalah ngebagi tugas buat kalian"

     Fredo -__-

Setelah pembagian tugas kepada tiap anggota, maka tahap selanjutnya adalah membuat timeline pengerjaan tugas. Tugas kelompok yang dikerjakan selama satu bulan akan di bagi menjadi 4 bagian waktu pengerjaan.

Timeline
Minggu pertama pengumpulan berbagai jurnal dan buku sebagai literatur dalam pengerjaan tugas.
Minggu kedua mengerjakan tugas ke dalam bentuk paper.
Minggu ketiga mempersiapkan presentasi tugas kelompok.
Minggu keempat santai-santai menunggu presentasi kelompok.

Tapi semua berakhir saat Liga PES kembali bergulir dan realitanya menjadi seperti ini

     Minggu pertama Liga PES
     Minggu kedua Liga PES
     Minggu ketiga Liga PES
     Minggu keempat H-4 inget ada tugas
     Minggu keempat H-3 ngumpulin bahan
     Minggu keempat H-2 ngerjain paper
     Minggu keempat H-1 lembur PPT
     Hari H kuliah mendadak kosong #pft

Setelah kuliah kosong datanglah kuliah pengganti. Kuliah pengganti jangkrik itu gak dapet jarkom padahal disuruh presentasi dan pas mau giliran presentasi baru ditelpon temen dikasih tau ada kuliah pengganti. Sungguh jangkrik sekali.

Presentasi pun dimulai setelah ikut balapan moto gp dadakan di jalan. Semua mendapat tugas masing masing saat presentasi.

Moderator
Cuma mengerti materi sedikit-sedikit. Berani ngomong tapi gak begitu ngerti materi. Pelakunya adalah Edi.

Operator
Selain operator dia juga mendesign presentasi yang dibuat. Kerjanya di balik computer terus, sampai mukanya mirip sama mouse. Bukan, bukan miki mouse cukup mouse aja. Pelakunya adalah Diko.

Presentator
Tidak datang waktu membuat presentasi. Bingung mau ngapain lalu membaca presentasi dengan sedikit improvisasi. Pelakunya adalah Rahmat.

Master
Satu-satunya yang ngerti materi secara keseluruhan. Tugasnya jawab pertanyaan kalo ada yang salah disalahin pertama kali juga. Pelakunya adalah Fredo.

Kata Diko presentasi yang baik adalah presentasi yang diakhiri dengan suara jangkrik.

Krik krik krik.

Tidak ada pertanyaan, semua senang.

Hening.. biar lebih paham baca juga komik edisi #065 Jobdesk Presentasi 

Dan ketika nilai akhirnya keluar, Fredo Diko dan Rahmat mendapat nilai C sedangkan Edi mendapat nilai A.
Hening lagi..

Semuanya berakhir dengan kebahagiaan Edi, Jeritan histeris Fredo di wc lantai 5 dan senyuman Diko dan Rahmat. Belakangan diketahui keduanya seneng karena gak ngulang.

Tapi, apapun nilai akhirmu ingatlah proses dimana kamu mendapatkan nilai tersebut. Ingatlah masa-masa kuliahmu yang indah dengan segala tugas dan kesibukannya. Ingatlah teman-temanmu yang sama-sama berjuang untuk mendapatkan nilai terbaik. Ingatlah dosenmu yang memberikan tugas bertumpuk-tumpuk untuk menempamu menjadi lebih baik. Dan seperti kata gw di awal tadi.

“Dan saat kamu kuliah, kamu akan dapat sepaket kuliah dan tugas-tugas di dalamnya”

Jadi tinggal dinikmati aja.

2 comments:

  1. Template-nya asik banget, simple fresh.. bikin sendiri bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sob.. template Designed by Harman Singh Hira.. hhe

      Delete

 
Top