Menurut Kitab Mitos Holic, salah satu tanda-tanda kamu termasuk golongan angkatan tua adalah saat kamu ke kampus dan kamu menjadi orang asing di sana. Menurut Diko, tanda-tanda angkatan tua adalah saat kata-kata STMJ (Semester Tujuh Masih Jomblo) semakin terdengar nyaring di telingamu. Dan salah satu tanda angkatan tua di kampus gue adalah kalo si mahasiswa udah selesai KKN.

Oke, KKN itu bukan Kuliah-Kuliah Nongkrong atau ....
KKN di sini adalah Kuliah Kerja Nyata, tapi belakangan pasti Diko bikin kepanjangan baru yaitu Kuliah Kerjaannya Nyantai. Jangkrik bangga sama Diko

KKN adalah salah satu mata kuliah wajib di kampus gue dan termasuk kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuannya agar mahasiswa belajar hidup bersama masyarakat dan mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dari bangku kuliah untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Meskipun kebanyakan mahasiswa KKN akhirnya bikin masalah untuk mengatasi masalah #pft.

Kata Fredo, KKN itu ibarat bepergian dengan naik bis kota. Sebelum naik bis kota, kamu harus nyiapin ongkos buat bayar bis kota, berjalan menuju halte, nunggu bis kotanya lewat, dan baru naik bis kota. Begitu juga dengan KKN, kamu harus mempersiapkan kelompok KKN, Tema dan Lokasi KKN, Dosen Pembimbing KKN, dan Proposal KKN.

Pertama, Kelompok KKN
KKN termasuk jajaran mata kuliah yang penting. KKN menjadi itu salah satu syarat buat mencapai gelar sarjana. Syarat ini berhasil memotivasi anak-anak Kampus Holic untuk membentuk kelompok dengan anggota yang memiliki visi dan misi yang sama. Tujuannya enggak lain demi kesuksesan jalannya program KKN dan menjadikan progam KKN ini penuh kebahagiaan.

Visi KKN 
Lulus KKN dengan nilai semaksimal mungkin dan dengan progam kerja 
yang seminimal mungkin

Misi KKN 
Menciptakan KKN yang menyenangkan dengan konsep 
Kuliah Kerjaannya Nyantai

Ada berbagai cara untuk membentuk kelompok KKN. Ada yang ngumpulin temen-temen se-daerah asal, ada yang ngajakin temen-temen se-organisasi mahasiswa, ada yang pakai tes wawancara, dan ada yang pakai denda buat menjaga komitmen anggotanya. Edi, sebagai ketua KKN dari Kampus Holic berupaya membentuk kelompok KKN dengan acara yang beda. Edi ingin anggota kelompoknya memiliki komitmen dan loyalitas yang tinggi dalam KKN.
Akhirnya, setelah rapat terbatas sambil makan soto traktiran dari Pram bareng anggota awal lainnya yaitu Diko, Fredo, Rahmat, dan Mimin, diperolehlah cara buat rekrut anggota KKN. Caranya dijamin beda, unik, dan spektakuler. Yaitu enggak pakai wawancara, enggak pakai denda, dan siapa aja yang daftar langsung diterima. Kekurangan anggota dan enggak kreatif itu beda tipis sob #pft
 
Kedua, Tema dan Lokasi KKN
Tema KKN menggambarkan keseluruhan program KKN yang akan dijalankan. Tema KKN umumnya mengangkat potensi dari suatu wilayah yang akan dijadikan lokasi KKN. Tema KKN yang dikerjakan diharapkan mampu memberi nilai tambah bagi masyarakatnya dan memberi nilai A buat mahasiswanya.
Ada banyak alasan dalam memilih lokasi KKN. Mahasiswa serius memilih lokasi sesuai potensinya untuk KKN. Mahasiswa hobi tour memilih lokasi yang banyak tempat wisatanya. Dan mahasiswa jangkrik milih lokasi yang deket rumah biar gampang pulang.

     Edi "Kalo bisa KKN deket rumah dan dapat nilai A, kenapa harus yang jauh"

Ketiga, Dosen Pembimbing KKN
Dosen Pembimbing KKN adalah Dosen yang akan membimbing, mengawasi dan menilai selama KKN. Dosen Pembimbing KKN di kampus gue juga bertugas untuk mempresentasikan proposal KKN. Dosen Pembimbing KKN gue seorang pria, masih muda, good looking, penuh semangat, dan udah nikah. Tapi kadang gue suka susah ngebedain Dosen Pembimbing KKN dengan wasit sepak bola gara-gara beliau hobi ngomongin kartu.

     Dosen : "Saya mau kalian serius saat KKN"
     Edi : "Siap laksanakan Pak"
     Dosen : "Kalo saya sidak kalian lagi gitaran, langsung saya kartu kuning"
     Edi : "Tapi kan perut saya cuma offside Pak.." 

     Dosen gue ini juga sangat rajin memberi kami masukan dan nasihat.
     Dosen : "KKN itu berat lho Dek"
     Diko : "Iy iya Pak, nanti saya bakal serius" *sok serius*
     Dosen : "Kalo kamu enggak dapet pacar pas KKN, nanti kamu jadi STMJ lho "
     Diko :  -_____-

Keempat, Proposal KKN
Proposal KKN adalah syarat untuk mengajukan suatu tema KKN di kampus gue. Proposal menjelaskan kenapa KKN tersebut harus lolos untuk dilaksanakan dan memberikan gambaran program kerja yang akan dilaksanakan. Dan proposal KKN tahun ini adalah hasil editing dari proposal KKN tahun lalu dengan tema yang sama

Singkat cerita, proposal KKN kelompok gue lolos dan tanpa revisi *ehem.
Kelompok KKN udah dipecah ke dalam 4 kelompok kecil yang nantinya akan disebar di lokasi KKN. Lokasi KKN udah fix dan pemuka masyarakat di sana sudah menerima kami. Dan yang paling penting Diko udah menemukan target yang akan dijadikan gebetannya dalam program kerja "Diko Mencari Cinta di KKN"

Semuanya berjalan normal-normal aja. Sampai suatu saat ketika KKN udah semakin dekat, Dosen Pembimbing KKN gue bilang kalau beliau harus berangkat untuk kuliah S3 di Thailand..jeng jeng

Gimana nasib KKN gue?
Tunggu kelanjutannya minggu depan sob

1 comments:

 
Top