4 Cara Ini Membantumu Menemukan Tema Skripsi
  • Skripsi Itu Susah
  • Skripsi Bikin Horor
  • Skripsi Susah Dimengerti
  • Skripsi Kebanyakan Revisi
  • Skripsi Enggak Penting Dijalani
  • Itulah gambaran tentang skripsi dari pendapat berbagai mahasiswa

Gue menyimpulkan bahwa skripsi itu penuh tantangan. Dari saat memulai skripsi, kamu udah dihadapkan dengan bagaimana menemukan tema skripsi yang tepat untuk dikerjakan. Bahkan temen-temen gue yang sedang kebingungan menemukan tema skripsi sampai harus dadah-dadah di kamera biar ikutan masuk tv. Lho??
Tema skripsi itu sebenernya ada bertebaran di mana-mana di sekitar kamu sendiri, sayangnya sebagian dari kita itu kurang peka untuk menemukannya. Melihat fenomena banyaknya mahasiswa yang kesulitan menemukan tema skripsi, pada pos kali ini gue akan berbagi 4 cara yang membantumu untuk menemukan tema skripsi. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang lagi mulai masuk ke dalam fase skripsi ya.

Mengamati Permasalahan Di Lingkungan

Salah satu penyebab terbesar seorang mahasiswa susah untuk mendapatkan tema skripsi yang akan dikerjakan itu karena belum sepenuhnya paham apa itu skripsi. Sekilas gue jelasin bahwa skripsi gue yang belum kelar-kelaritu pada dasarnya adalah penelitian untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan menggunakan metode tertentu.  Sedangkan permasalahan sendiri itu ada di kehidupan sehari-hari.  So, enggak perlu bertapa 7 hari  malam di puncak gunung untuk menemukan tema skripsi
Kalian bisa menemukan tema skripsi itu cukup dengan

  • Datang ke suatu tempat yang relevan dengan kuliah kalian
  • Diam dan amati apa yang terjadi di sana
  • Renungkan
  • .......
  • Lalu ketidur *disiram air*

Rutin Membaca Laporan Penelitian

Iya gue tahu bawah kalian alergi dengan laporan penelitian karena bisa bkin ngantuk, bibir pecah-pecah, meriang, dan panas dalam. Tapi demi skripsi kalian harus mau memerangi itu semua.
Gue mengamati banyak mahasiswa yang ogah-ogahan untuk membaca laporan penelitian saat memulai skripsi. Mereka beranggapan membaca laporan penelitian itu seperti begadang yang tiada artinya. Tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan membaca laporan penelitian akan membuat kamu terbiasa dengan berbagai pengetahuan dan imajinasi yangterkait dengan penelitian. Dan pada suatu titik kalian pasti akan mendapatkan jawaban “kenapa enggak ngambil tema skripsi ini aja”
Sebenernya ada satu trik yang paling gampang untuk mendapatkan tema skripsi dari cara ini, coba kalian baca bagian saran penelitian karena di sana banyak memberikan saran pengembangan penelitian selanjutnya yang relevan untuk dicoba.


Ikut Proyek Dosen

Ini favoritnya mahasiswa tingkat akhir.
Ikut proyek dosen itu enggak hanya bisa menemukan tema skripsi dengan lebih mudah, tapi juga metode yang digunakan udah jelas, ada kesempatan lebih untuk berkonsultasi dengan dosen, dan dapat anggaran untuk penelitian. Selain itu mahasiswa yang skripsi dengan ikut proyek penelitian umumnya lebih cepat selesai karena ada timeline yang jelas.

Melanjutkan Hasil Kerja Lapangan

Kamu pernah latihan kerja, baik itu kerja lapangan atau kerja praktek atau bahkan magang?
Kalau kamu pernah latihan kerja di suatu perusahaan, maka itu bisa jadi kesempatan untuk menemukan tema skripsi. Dari hasil pengamatanmu selama bekerja dan laporan latihan kerja bisa kamu analisis apa saja permasalahan penting yang harus diselesaikan oleh perusahaan. Lalu coba dikonsultasikan dengan dosen di kampus. Ini enggak hanya bisa jadi tema skripsi, tapi juga masukan yang bermanfaat untuk tempat kamu latihan kerja. Sekali mendayung, 2 – 3 pulau terlampaui

Untuk yang lagi bingung tema skripsi gue berpesan agar kalian berusaha lebih peka, karena
“Menemukan tema skripsi itu kayak cari jodoh, udah muter-muter ke sana kemari ternyata hanya di dekatmu sendiri”

6 comments:

  1. Kalo di kampus gue yang paling banyak ikut proyek dosen sama lanjutin penelitian magang. Hehehe.

    ReplyDelete
  2. Semoga ini bermanfaat buat gue dan temen-temen gue :)

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat dan benar sekali 4 cara ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. gue baca bukunya alit, di ending bukunya ada quotes.
    hidup ini seperti skripsi, banyak bab yg harus di revisi. tapi semua akan berakhir indah, bagi mereka yg pantang menyerah.
    semangat! :)

    ReplyDelete

 
Top