5 Hal Yang Biasa Kamu Lakukan Ketika Gak Bisa Ngerjain Ujian

“Bro, besok ujian closed book lho bro.”
“Bro, besok soalnya hitungan semua.”
“Bro, pengawasnya besok Pak ***.”

Percakapan di atas bukan diambil dari naskah film horror. Walaupun, jika ada mahasiswa yg bilang hal di atas sebelum ujian bisa menyebabkan mahasiswa lain yg mendengar kejang-kejang, muntah, dan mencret. Oke, ralat itu kalo gue yg denger.
Kalo udah kayak gitu, ujian akan berasa kayak ngeliat dia bersama orang lain. Iya, nyesek. Lalu menyebabkan supplai udara ke otak berkurang. Iya, gak bisa mikir.
Kalo udah gak bisa ngerjain soal ujian, ada beberapa hal yang biasa kamu lakuin.


Baca soal pas pertama kali. *mata melotot
Baca soal yang kedua kali. *gak bisa napas
Baca soal ketiga kalinya. *kejang-kejang
*Lalu terdengar suara ambulans di kejauhan
Kalo gak bisa ngerjain soal pertama biasanya bakal lanjut ke soal kedua. Gitu terus sampai balik lagi ke soal pertama terus tiba-tiba waktu udah mau habis.
Soal ujian sama cewek itu memang sama. Sama-sama susah dimengerti. Aseek.

nyontek

Hal paling mainstream. Gak bisa ngerjain trus nyontek. Ah, gue jadi males bahasnya.

 #padahalgakadaide

Padahal daripada nyontek mending kamu berdoa. Berdoa biar soalnya tiba2 jadi gampang. Berdoa biar ada temen yg baik trus ngasih contekan. Berdoa biar pengawasnya ngobrol sendiri. Berdoa biar pas keluar ruang ujian nabrak cewek terus tatap-tatapan terus jadian. #eh

Kalo ada temenmu pas ujian tiba2 liat ke depan dengan tatapan kosong. Ada 3 kemungkinan. Dia beneran mikir, Dia laper, Atau mungkin dia lagi mikirin soal ujian yg kayak hubungannya sama mantan. Gak ada harapan.
*Hati-hati jika terjadi kontak mata dengan temenmu yg keadaannya seperti di atas. Jika melihatmu dia akan tersenyum lalu berkata tanpa suara : “Nyontek dong.” Serem abis.

Keempat, Ke Kamar Mandi


Ada yg bilang kalo toilet itu gudangnya ide. Kalo kekurangan ide buat mengarang pas ujian kamu bisa ke kamar mandi. Coba cek di atas dan sudut ruangan. Barangkali ada temenmu yg nyembunyiin contekannya disana.
Kelima, Langsung Keluar

Biar keliatan keren dan pinter. Kamu harus stay cool pas ngumpulin kertas jawabanmu. Dengan begitu kamu bakal keliatan bisa ngerjain dan mendapat tatapan wow dari temenmu yg lain. Trus mental mereka bakal down. Padahal kamu cuma nulis nama di kertas jawabanmu.
Akhir kata gue mau bilang:
“Tidak ada yang sulit untuk dikerjakan bila tidak dikerjakan.”

Oke gue mulai ngawur.
“Ujian itu ada untuk mengukur seberapa jauh pemahaman kalian. Jangan takut mendapat nilai jelek. Itu berarti kalian harus meningkatkan pemahaman kalian.”

2 comments:

 
Top