Manajemen uang thr bagi mahasiswa

Siapa sih yang enggak pengen dapet THR (Tunjangan Hari Raya). Di musim lebaran kayak gini THR sangat dinantikan oleh berbagai kalangan masyarakat, termasuk mahasiswa. Mahasiswa menaruh harapan besar untuk dapat THR. THR ibarat suplemen vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan dompet mahasiswa. 
Sayangnya sebagian dari kita sering menggunakan uang THR dengan kurang bijak. Banyak mahasiswa yang menggunakan uang THRnya hanya untuk membeli berbagai barang kebutuhan gengsi. Hasilnya tiba-tiba uang THR habis dan minim manfaat nyata yang bisa digunakan
Sebagai mahasiswa yang masih ngarep dapet THR, gue akan berbagi 4 tips manajemen uang THR. Semoga kalian bisa mencobanya dan mendapatkan manfaat nyata dari uang THR

1. Berbagi
Berbagi kepada sesama
Lo bahagia dapat THR?maka enggak ada salahnya buat berbagi sebagian THR buat membahagiakan sesama. Lo  bisa berbagi dengan sesama secara langsung atau melalui lembaga-lembaga sosial yang berkompeten.
Sebagian yang kamu bagikan adalah kebahagiaan untuk sesama Sob



2. Bayar Hutang
Bayar hutang
FYI, mahasiswa termasuk spesies yang hobi ngutang. Hidup sebagai mahasiswa kurang lengkap kalo belum ngutang. Mereka bisa ngutang kapan pun dan di mana pun mereka berada. Di kampus ngutang, lagi nongkrong ngutang, dan saat laper mereka makan tapi ngutang. 
Sebagian uang THR dapat lo gunakan secara bijak untuk membayar hutang yang belum lunas. Bisa hutang pulsa, hutang fotokopi, dan enggak ketinggalan hutang pas buka bersama.  Membayar hutang sejak dini dapat menjaga kehidupan ngutang yang lebih cerah di masa depan Sob




3. Nabung
Menabung
Kehidupan mahasiswa itu penuh dengan ketidakpastian Sob. Berbagai kemungkin dapat terjadi secara mendadak tanpa kita duga dan berpengaruh pada kondisi finansial . Bisa saja tiba-tiba kamu ditugaskan untuk fotokopi kitab mbribik dan dibagikan pada seluruh mahasiswa di kampus untuk menyelamatkan para mahasiswa jomblo, atau tiba-tiba stik PES kamu rusak, dan bahkan tiba-tiba mantan calon gebetan berhasil ngumpulin ketujuh bola naga.
Menabung sebagian uang THR yang lo dapetin bisa bermanfaat Sob. Sebagian uang yang disisihkan dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan yang tidak terduga. Atau bisa juga dipakai untuk membiayai rencana-rencana di masa depan seperti bayar uang kuliah, beli gadget, dan rekreasi. Jadi kamu enggak perlu susah-susah nyari dragon ball buat membiayai berbagai rencana di masa depan.

4. Konsumsi
Belanja konsumsi lebaran


Kurang lebih 60% dari uang THR dapat lo gunakan untuk keperluan konsumsi Sob. Lo bisa menggunakannya konsumsi untuk hari lebaran. Tapi sebaiknya gunakan uang THR untuk konsumsi kebutuhan-kebutuhan yang dapat memberi manfaat nyata Sob. 
Lo bisa gunakan uang THR buat biaya silaturahmi ke tempat saudara dan rumah calon gebetan. Silaturahmi ke rumah calon gebetan di saat lebaran punya value yang lebih besar di banding hari-hari biasa. 
Buat yang jarang beli pakaian, uang THR dapat digunakan untuk membeli pakaian yang bisa dipakai saat lebaran dan kuliah.
Sementara sisanya dapat digunakan untuk acara reuni dan makan-makan buat perbaikan gizi mahasiswa.
Dapet uang THR itu memang menyenangkan tapi godaan-godaan selalu hadir mengintai. Semakin lo bijaksana, uang THR akan semakin bermanfaat untuk digunakan. Dan terakhir gue berharap

 "semoga THR buat mahasiswa tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin."

0 comments:

Post a Comment

 
Top